Desain Grafis Adalah Alasan Penting Untuk Web Development

Desain grafis
Sumber gambar: Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Desain grafis terletak di seluruh situs web yang ada di dunia saat ini. ada 1,9 miliar situs web di dunia dan di antaranya ada 600 juta blog. 1 juta saja sudah banyak apalagi 600 juta. Jika kalian adalah salah satu dari 600 juta tersebut, maka kalian ada di urutan nomer berapa?. Banyaknya situs web di dunia ini, coba kalian pikirkan 3 hal dasar ini dulu. Pertama, bagaimana web yang kalian buat akan diperhatikan oleh audiens target kalian?. Kedua, bagaimana caranya agar web yang kalian buat dikunjungi oleh mereka?. Dan ketiga, setelah membuat mereka memngunjungi, maka bagaimana cara web kalian dikunjungi kembali oleh mereka?.

Desain grafis adalah salat satu cara paling efektif untuk meningkatkan tingkat kunjungan pada web.

Web atau blog yang bagus tidak hanya diukur dari segi konten saja. Apakah mereka mengupload konten setiap hari, apakah mereka banyak mendapatkan jumlah pembaca yang banyak?, tidak hanya itu kawan. Jika kalian memiliki konten dan pengunjung akan tetapi tidak menggunakan desain untuk web kalian, maka seiring berjalannya waktu, web kalian akan semakin sepi pengunjung. Tentu kalian tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan?.

Desain grafis menjadi salah satu alasan yang penting ketika kalian akan meningkatkan tingkat kunjungan pada web. Apa saja alasannya, kalian harus mengetahuinya dan langsung dapat kalian praktekkan pada web kalian sendiri.

6 alasan mengapa kalian harus menggunakan desain grafis di website dan blog kalian?

1. Desain grafis meningkatkan pengunjung ke dalam web

Point utama dalam pembahasan ini adalah, kalian mendapatkan banyak pengunjung pada web kalian. Simpel bukan?. Jika kalian mempunyai tujuan seperti itu, tentu kalian tidak berkenan jika web yang kalian miliki dari hari ke hari semakin sepi pengunjung.

Menurut sebuah penelitian, 94% pengunjung akan meninggalkan website yang memiliki desain yang buruk. Desain grafis adalah cara terbaik untuk menambahkan nilai kreativitas dan profesionalisme pada web. Adanya nilai profesionalisme dan kreatifitas yang ditampilkan pada web, maka pengunjung akan terus meningkat.

Misalnya, jika Kalian sedang mencari sepatu,maka yang dibutuhkan adalah web yang berisikan tentang sepatu. Penyedia produk atau penjual yang mempunyai web pasti sudah mempersiapkan berbagai display produk di dalam web miliknya. Lalu bagaimana pembeli akan mengetahui jika penjual sepatu memiliki produk unggulan, atau mereka memiliki produk yang sedang dalam promo?. Yaa, mereka pasti menggunakan iklan dan iklan berhubungan dengan desain grafis. Semakin menarik visual kalian, semakin banyak pengunjung yang akan kalian dapatkan.

2. Desain grafis menjadi jalan pintas ketika akan menyampaikan sebuah pesan

Manusia adalah makluk yang mempunyai latar belakang sebagai makhluk yang dekat dengan visual. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh 3M Corporation, manusia memproses visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Percaya tidak percaya, tapi memang seperti itu kenyataannya. Konsep visual akan lebih melekat dalam pikiran manusia.

Manusia yang sedang melihat sebuah desian grafis, maka ia akan memroses dengan tingkat pemahaman yang lebih efektif. Para desainer grafis juga mendapatkan keuntungan karena pesan yang disampaikan melalui desain grafis akan lebih cepat tersampaikan kepada manusia.

3. Desain grafis memecah teks sehingga mudah dipahami

Para desainer web harus memikirkan hal ini matang-matang. Jika dengan desain grafis dapat menyelamatkan banyak orang dari malas membaca, maka menjadi seorang desainer adalah hal yang mulia, bukan begitu?

Bayangkan saja jika sebuah web yang berisi penuh dengan teks, tanpa ada gambar satu pun, lalu apakah para pembaca malas itu akan mengunjungi dan membaca apa yang ada di dalam website tersebut? 99,9999% mereka tidak akan membaca apa yang ada di dalam website tersebut. Untuk menggulirkan ke bawah saja mungkin malas, apalagi untuk membaca.

Desain grafis berperan penting dalam hal tersebut. Desain grafis menjadi penyeimbang di dalam website. Tujuannya adalah agar pembaca malas mau membaca apa yang ada di dalam website. menggunakan elemen visual adalah solusi sempurna untuk menyelamatkan website kalian dari orang-orang yang malas membaca. Karena memang faktanya, otak manusia memproses konten visual 60.000 kali lebih cepat daripada memproses teks tertulis.

4. Desain grafis memudahkan orang untuk berbagi konten secara online

Kalian pernah bertanya-tanya mengapa GIF dan meme menjadi viral? Orang suka berbagi hal-hal yang informatif, menarik, dan menyenangkan secara online. Konten kecil  ini menceritakan kisah dan menyampaikan pesan dalam beberapa detik, tidak seperti ketika kalian menulis konten artikel yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk dikonsumsi. Jadi, jika kalian ingin konten kalian dibagikan oleh banyak orang, maka kalian harus mempermudah mereka dengan membuat konten kalian mudah untuk  di bagikan kepada orang banyak, salah satu caranya adalah dengan media desain grafis.

Website atau blog kalian harus memiliki gambar yang mungkin berguna atau menghibur bagi orang lain untuk dibagikan. Dengan cara ini, blogger lain dan pemilik website lainnya juga akan melihat konten apa yang telah kalian tulis dan kalian sajikan di dalam website atau blog. Hal tersebut adalah salah satu hal yang dapat mendorong mereka untuk menautkan kembali ke situs kalian. Dan ini adalah salah satu hal yang berhubungan dengan alasan selanjutnya.

5. Desain grafis dapt meningkatkan SEO dan kredibilitas

Bimsalabim abra cadabra… Apakah ketika kalimat tersebut kalian ucapkan, maka website kalian menjadi website kalian menjadi website nomer satu di pencarian?, jika iya, silahkan hubungi admin kami sekarang juga.

Untuk menjadi nomer satu pada mesin pencarian, terdapat banyak fakto yang harus kalian perhatikan dan penuhi. Salah satu aspek penting yaitu SEO atau search enging optimization. SEO adalah satu langkah optimalisasi website agar website berada pada posisi nomer satu di dalam mesin pencarian.

Desain grafis meningkatkan SEO dan kredibilitas karena pengguna mesin pencari lebih cenderung mengeklik tautan yang berisi gambar daripada hanya teks biasa. Selain itu, mesin pencari juga lebih mudah untuk membaca gambar dari pada teks saja. Artinya, konten yang ada di dalam web jika ditambah dengan elemen desain grafis atau gambar makan akan meningkatkan SEO dan kredibilitas website.

6. Membangun brand awareness

Kebanyakan orang menilai profesionalitas dan kredibilitas sebuah perusahaan adalah dari website yang mereka miliki. Ketika orang membuka website, yang pertama dilihat adalah desain website. Jika perusahaan tersebut pada kenyataannya adalah perusahaan yang profesional akan tetapi jika dilihat dari website yang mereka miliki tidak terurus dengan baik, maka orang-orang akan menilai perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang tidak profesional dan tidak memiliki kredibilitas.

Begitu pentignnya sebuah desain web. Karena desain website akan membawa produk atau perusahaan mempunyai karakter dan akan dikenal oleh banyak orang.

Orang-orang yang menyukai apa yang mereka lihat mungkin akan kembali pada saat kalian memposting sesuatu yang baru, yang juga dapat menyebabkan teman-teman mereka mengunjunginya lebih sering juga karena berita menyebar dengan cepat secara online. Ini menunjukkan betapa pentingnya branding untuk membangun kepercayaan di antara pengunjung. Kekuatan desain grafis menjadi hal yang melampaui estetika. Karena memperkuat pesan, desain grafis memainkan peran kunci dalam desain web dan digital marketing. Mulai saat ini jangan remehkan desain pda website kalian. Tingkatkan kreativitas dan dapatkan banyak pengunjung pada website kalian.

Baca juga: Work From Home Dan Mendapatkan Banyak Uang Dari Media Sosial